7 Cara Menghemat Listrik untuk Mengurangi Tagihan Listrik Bulanan Rumah Kamu

Banyak dari kita mencoba untuk mengurangi penggunaan energi kita saat ini. Kami telah menghitung angka-angkanya, dan menemukan bahwa hanya beberapa perubahan kebiasaan kecil yang dapat mengurangi tagihan bulanan kamu. Tapi apa saja hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan di sekitar rumah untuk memberikan dampak nyata dalam mengurangi tagihan listrik kamu? Simak artikel ini ya!

1. Mematikan Perangkat Elektronik Setelah Selesai
Cara menghemat listrik yang pertama adalah dengan mematikan perangkat elektronik setelah digunakan. Kegiatan ini terdengar sepele, namun terkadang masih sering dilupakan. Yang sering dilupakan adalah lampu dan televisi. Banyak dari kita menjumpai lampu yang tetap menyala di siang hari meski dengan pencahayaan alami yang cukup. Hal inilah yang tidak kita sadari membuat tagihan listrik semakin membengkak. Selain mematikannya secara manual, kamu juga bisa menggunakan timer atau stiker pengingat yang ditempel di dekat saklar. Dengan begitu, semoga kamu tidak lupa mematikan perangkat yang tidak digunakan. Ini termasuk mencabut kabel daya dari stopkontak saat tidak digunakan. Pasalnya, perangkat yang kabelnya masih tercolok akan tetap menyerap daya listrik meski tidak digunakan. Cara ini bisa menghemat daya listrik kamu hingga 30% lho. Cara alternatif lain untuk menghemat listrik adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur.

source : https://ryanestis.com/

2. Menggunakan Perangkat Penghemat Energi
Jika ingin mengganti perangkat elektronik di rumah, pastikan membeli produk elektronik yang hemat energi. Misalnya AC, kulkas, TV, dan sebagainya. Memang peralatan seperti ini umumnya sedikit lebih mahal. Namun, tagihan listrik kamu dapat dikurangi secara signifikan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan perangkat elektronik substitusi yang lebih hemat energi. Misalnya mengganti AC di ruang tamu dengan kipas angin. Selain menjaga kesejukan ruangan, biaya listrik pun bisa ditekan. Selain itu, penggunaan lampu LED merupakan cara hemat listrik selanjutnya yang bisa kamu coba. Dibandingkan dengan lampu pijar biasa, lampu LED dapat meringankan 60% hingga 70% beban pemakaian listrik. Cahaya yang dihasilkan lampu LED 3 watt sejajar dengan cahaya yang dihasilkan lampu pijar 40 watt. Selain itu, umur lampu LED lebih panjang dibandingkan jenis lampu lainnya. Karena 1 lampu LED bisa digunakan hingga 50.000 jam. Tentunya hal ini akan memangkas biaya penggantian lampu. Walaupun lampu LED memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan lampu biasa, namun efektifitas penggunaan lampu LED dapat menekan biaya tagihan listrik dalam jangka panjang.

source : https://philipsbekasi.id/

3. Membersihkan Perangkat Elektronik
Sering membersihkan perangkat elektronik juga bisa membantumu mengurangi tagihan listrik, lho. Salah satu alat elektronik yang harus sering dibersihkan adalah kulkas dan AC. Jika filter AC kotor atau jelek maka kotoran akan lebih mudah masuk ke dalam mesin AC dan membuat kinerja AC semakin berat. Hal ini menyebabkan konsumsi listrik lebih boros untuk proses pendinginan. Sering-seringlah membersihkan filter kulkas dan AC agar penggunaan listrik bisa lebih hemat.

source : https://servicemarket.com/

4. Menggunakan Listrik Prabayar
Seperti diketahui, selain menyediakan meteran listrik pascabayar, PLN juga memberikan alternatif penggunaan meteran listrik prabayar. Anda bisa mencoba menggunakan meteran listrik prabayar untuk menghemat tagihan listrik bulanan. Karena dengan sistem prabayar, kamu bisa menyesuaikan jumlah pemakaian listrik per bulan. Dengan sistem prabayar, kamu dapat mengontrol penggunaan peralatan listrik rumah tangga dengan lebih bijak.

source : https://www.linkaja.id/

5. Gunakan AC dengan Bijak
AC rata-rata memiliki penggunaan listrik di atas 300 watt. Jumlah ini cukup untuk menyumbang jumlah tagihan listrik per bulan. Penggunaan AC memang menguntungkan karena dapat mengurangi panas ruangan, namun bijaklah dalam penggunaannya. Misalnya dengan mematikan AC jika keluar rumah atau hanya menggunakannya saat menjelang tidur. Alternatif cara menghemat listrik yang satu ini adalah dengan menggunakan kipas angin atau membuat ventilasi udara yang baik agar udara yang keluar digunakan sebagai penyejuk udara alami.

source : https://idea.grid.id/

6. Sesuaikan Ventilasi Udara untuk Sirkulasi Udara Lebih Baik
Posisi ventilasi udara yang baik menentukan sirkulasi udara dalam ruangan yang lebih sehat dan dapat menjadi sumber penerangan alami. Sumber cahaya alami yang didapat dari ventilasi udara yang baik akan menghemat penggunaan daya listrik pada siang hari. Selain itu ruangan akan terasa lebih segar, sehingga juga dapat mengurangi penggunaan AC.

source : https://artikel.rumah123.com/

7. Gunakan Kulkas dengan Bijak
Cara menghemat listrik yang terakhir adalah dengan menggunakan kulkas dengan bijak. Kulkas juga menyumbang konsumsi listrik yang cukup besar, tidak jauh berbeda dengan AC. Setel suhu lemari es ke suhu rendah jika kamu tidak menyimpan makanan terlalu banyak. Selain itu, jika kamu bepergian keluar rumah dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya cabut kabel listrik kulkas agar tagihan listrik tidak berjalan terus menerus dan menghemat pemakaian freon.

source : https://klasika.kompas.id/

Nah, semoga beberapa cara hemat di atas dapat membantu mengurangi biaya listrik bulanan kamu. Sayang sekali bukan, jika dana yang seharusnya dihemat malah digunakan untuk membayar kelebihan tagihan listrik? Semoga bisa menekan pengeluaran di saat-saat seperti ini dan menjaga keuangan tetap sehat, ya.

Scroll to Top